Kamis, 31 Juli 2014

MENGATASI KOMPUTER YANG SERING HANG


Salah satu penyeb komputer hang adalah panas yang berlebihan khususnya di bagian prosesor.  Komputer bisa mati mendadak karena sistem proteksi yang bekerja melindungi prosesor dari kerusakan. Seringkali panas ini dipicu karena kondisi fan prosesor yang kurang baik. Karena itu jagalah fan prosesor tetap bekerja optimal. Berikut ada beberapa tips tambahan untuk mengurangi panas komputer anda:

1. Gunakan thermal paste yang berkualitas
Thermal paste adalah media penyalur kelebihan panas dari badan prosesor ke badan heatsink pendingin prosesor sehingga dapat meningkatkan efektifitas penurunan suhu prosesor dan berfungsi juga untuk mencegah terjadinya percikan api dan panas yang overload sebagai efek dari gesekan badan prosesor dan heatsink secara langsung. Thermal paste yang kurang berkualitas tidak akan memiliki fungsi maksimal.

2. Posisi CPU
Letakkan CPU di tempat dengan sirkulasi udara yang baik, jangan menempatkan CPU di tempat yang tertutup karena tidak dapat membuang panas dari dalam CPU sehingga panas menumpuk salah satunya di badan prosesor.

3. Tata kerapian kabel dalam casing
Tatalah kerapian kabel dalam casing komputer jangan sampai kabel-kabel tersebut semrawut atau bahkan mengenai baling-baling fan prosesor. Cek dan periksalah dengan baik. Tempatkan kabel-kabel serapi mungkin supaya angin bisa mengalir dengan baik.

4. Bebas hambatan
Lepas saja penutup casing komputer Anda. Dengan begitu panas akan mudah dibuang dari dalam casing tanpa hambatan dari tutup casing.

5. Beri tambahan fan pembuang udara
 Beli tambahan fan yang menyedot udara panas dari dalam casing untuk keluar. Fan ini murah, di beberapa toko dijual antara 10-20 ribu tapi lebih baik pilih fan yang ok kualitasnya. Letakkan posisi fan secara terbalik, atau menyedot udara keluar.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar