Kamis, 31 Juli 2014

Cara Membuat RAM Dari Flashdisk di Windows


Komputer memang sangat membutuhkan peran dari RAM. RAM atau Random Access Memory adalah memori yang berguna untuk mengalokasikan berapa banyak memori yang akan digunakan oleh suatu aplikasi yang berjalan di computer. Jika computer mempunyai RAM yang mempunyai kapasitas banyak, mungkin aplikasi yang berjalan di computer akan berjalan normal dan computer kita tidak akan terasa lambat. Namun jika ternyata RAM yang ada di computer kita hanya mempunyai memori yang sedikit, tentunya akan sangat berpengaruh terhadap aplikasi yang sudah terinstal di computer kita.
membuat ram dari flashdisk
Untuk mengantisipasinya, kita bisa menambah kapasitas RAM computer. Namun untuk menambah RAM computer, biasanya kita akan dikenakan biaya sekitar 100 ribu rupiah bahkan lebih. Ada alternative lain jika anda ingin membuat RAM virtual untuk computer anda yaitu menggunakan flashdisk. Berikut akan dijelaskan mengenai cara membuat RAM dari flashdisk di windows anda tanpa bantuan dari software.
Hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan flashdisk menjadi RAM:
  • Jangan mencabut flashdisk atau menggunakan flashdisk jika flashdisk sedang digunakan sebagai RAM virtual.
  • Gunakan flashdisk dengan kapasitas minimal 255 MB dan maksimal 4GB.
  • Jika RAM computer dirasa sudah cukup, jangan menggunakan flashdisk sebagai RAM virtual computer.
  • Jangan terlalu sering menggunakan flashdisk untuk RAM.
Jika anda sudah mengetahui hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan flashdisk untuk RAM, silakan and abaca tutorial untuk membuat flashdisk menjadi RAM computer.
  • Langkah pertama, siapkan flashdisk yang akan anda gunakan sebagai RAM virtual. Kemudian colokkan ke computer anda.
  • Tunggu hingga computer anda mendeteksi flashdisk anda. Lalu buka windows explorer, klik kanan pada device flashdisk pilih Properties.membuat ram dari flashdisk
  • Pada jendela Properties, pilih tab ReadyBoost. Tunggu hingga beberapa saat, karena computer akan mengecek apakah flashdisk anda memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai RAM virtual. Jika RAM anda memenuhi, maka computer akan menyediakan ceklist.
  • Pilih atau centang pada pilihan Use this device, lalu atur kapasitas yang ingin anda gunakan untuk RAM .
  • .membuat ram dari flashdisk
  • Lalu klik Apply, kemudian OK.
Maka flashdisk anda kini sudah menjadi RAM virtual. Namun perlu diperhatikan bahwa port yang digunakan flashdisk adalah port yang sama pada saat anda membuat flashdisk tersebut menjadi RAM virtual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar